Minggu, 01 Mei 2011

Definisi Komputer


Istilah KOMPUTER diambil dari bahasa latin “Computare” yang berarti menghitung (to compute atau to reckon) Menurut buku Computer Today (Donald H. Sanders) Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

Menurut buku “Computers” Fourth Edition (Larry Long dan Nancy Long) Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menterjemahkan (interpret) dan mengeksekusi perintah-perintah yang terprogram sebagai input, output, perhitungan dan operasi logika. Komputer secara teknikal sangat komplek tetapi
secara konsep cukup sederhana. Menurut buku Computer Control And Audit A Total System Approach(G. Burch Jr, Fellix R Stater) Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara
otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Sistem Komputer
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, makaharus berbentuk sistem komputer (Computer System) Sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebutTujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi.

Elemen-elemen dari sistem komputer adalah:
1. Hardware(Perangkat Keras) adalah peralatan di sistem komputer yang scr fisik terlihat dan dapat dijamah
2. Software(Perangkat Lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data
3. Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.


Hardware merupakan sebagai perangkat elektronik nyata sebagai alat utama pengolah sistem informasi atau dengan kata lain adalah komputer.


 
Fungsi Komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut.
1. Input Device (Alat Masukan)
   Merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke   dalam komputer (contoh perangkatnya adalah keyboard, scanner, microphone, mouse)
2. Output Device (Alat Keluaran)
   Merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas melalui printer), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports (Input and Ouput Ports)
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.

4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer (terdapat pula Memory Unit/Register sebagai tempat penyimpanan memory sementara)
5. Memory
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia
informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus
Merupakan jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan.
Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus.Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar