Kamis, 05 Mei 2011

JARINGAN KOMPUTER

Ciri-ciri jaringan komputer :
a. Berbagi perangkat keras (Hardware)
b. Berbagi perangkat lunak (Software)
c. Berbagi saluran komunikasi (Internet)
d. Berbagi data dengan mudah
e. Memudahkan komunikasi antar pengguna jaringan

Teknologi Jaringan Komputer terbagi dalam beberapa kategori diantaranya
  1. Personal Area Network (PAN)
  2. Local Area Network (LAN)
  3. Metropolitan Area Network (MAN)
  4. Wide Area Network (WAN)

Keuntungan Jaringan
- Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File sharing)
- Pemakaian printer dapat digunakan oleh semua cient (Printer sharing)
- File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi skuritas dari semua karyawan, yang dapat diubah berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan dapat terjamin
- Throughput yang tinggi
- Relatif lebih murah
- File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol
- Proses backup data bisa lebih cepat dan mudah
- Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil
- Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan Email atau Chat
- Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan internet atau mengirim fax melalui modem

Kekurangan Jaringan
? Biaya yang tinggi kemudian semakin tinggi lagi. Pembangunan jaringan meliputi berbagai aspek : pembelian hardware, software, biaya untuk konsultasi perencanaan jaringan, kemudian jasa untuk pembangunan jaringan itu sendiri. Infestasi yang tinggi ini tentunya untuk perusahaan yang besar dengan kebutuhan akan jaringan yang tinggi. Sedangkan untuk pengguna rumahan biaya ini relatif kecil dan dapat ditekan. Tetapi dari awal juga network harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada biaya overhead yang semakin membengkak karena misi ntuk pemenuhan kebutuhan akan jaringan komputer ini.
? Manajemen perangkat keras dan Administrasi sistem : di suatu organisasi perusahaan yang memiliki sistem, administrasi ini dirasakan merupakan hal yang kecil, paling tidak apabila dibandingkan dengan besarnya biaya pekerjaan dan biaya yang dikeluarkan pada tahap implementasi. Akan tetapi hal ini merupakan tahapan yang paling penting. Karena kesalahan pada point ini dapat mengakibatkan peninjauan ulang bahkan konstruksi ulang jaringan. Manajemen pemeliharaan ini bersifat berkelanjutan dan memerlukan seorang IT profesional, yang telah mengerti benar akan tugasnya. Atau paling tidak telah mengikuti training dan pelatihan jaringan yang bersifat khusus untuk kebutuhan kantornya.
? Sharing file yang tidak diinginkan : With the good comes the bad, ini selalu merupakan hal yang umum berlaku (ambigu), kemudian sharing file dalam jaringan yang ditujukan untuk dipakai oleh orang-orang tertentu, sering kali mengakibatkanbocornya sharing folder dan dapat dibaca pula oleh orang lain yang tidak berhak. Hal ini akan sering terjadi apabila tidak diatur oleh administrator jaringan.
? Aplikasi virus dan metode hacking : hal ini selalu menjadi momok yang mengerikan bagi semua orang, mengakibatkan network down dan berhentinya pekerjaan. Permasalahan ini bersifat klasik karena system yang direncanakan secara tidak baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar